Pulsa Teknologi – Menjaga Tempo Dengan Perubahan Terus Menerus – November, 1998

Teknologi

Gordon Moore, salah satu pendiri Intel Company pertama kali mempostulasikan hukum Moore yang terkenal sekarang di sembilan belas tahun tujuh puluhan. Hukum Moore menyatakan bahwa pemrosesan atau kekuatan komputasi chip silikon akan berlipat ganda setiap dua puluh empat bulan, sementara harga untuk chip ini akan dibagi dua dalam periode waktu yang sama. Undang-undang ini relatif konstan selama lebih dari dua puluh tahun. Kita sekarang mendekati saat ketika hukum yang tampaknya tidak berubah ini menjadi ketinggalan zaman. Bahkan, chip silikon baru menggandakan kekuasaan; dengan chip baru datang on-line dalam waktu dua belas hingga delapan belas bulan, sementara harga terbagi dua bahkan lebih sedikit. Apa yang terjadi pada teknologi yang mendasari yang mendorong chip silikon ini, dan apa kekuatan pasar yang telah mendikte harga yang menurun dengan cepat?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan daya pemrosesan yang tidak dapat ditawar-tawar, sama seperti faktor-faktor yang sama ini menekan harga. Mari kita lihat beberapa faktor ini dalam konteks perkembangan perangkat keras, perkembangan perangkat lunak dan munculnya Web sebagai jaringan di mana-mana yang diperkirakan banyak orang sebagai perlu untuk membuat komputer yang dapat diterima secara common dalam kehidupan sehari-hariĀ software pulsa.
Pengembangan Perangkat Keras.

Ketika Intel didirikan oleh para pengembang Fairchild, komputer mid-range, yang dipersonifikasikan oleh seri DEC PDP, mesin Information Common, seri IBM 32/34 dan kotak HP pertama adalah standar yang muncul dalam industri komputer. Mesin pada periode waktu ini sering dipandang sebagai mesin departemen yang diminta untuk melakukan aplikasi komputasi cepat dan langsung yang bebas dari sentralisasi (yaitu, lingkungan komputasi mainframe) I.T. staf waktu itu.

Ide dari mesin kecil yang lincah yang dapat diprogram dan dikembangkan oleh departemen lokal sangat menarik pada saat itu. Karena keragaman produsen dan sistem operasi berpemilik, standar sebagian besar belum dikembangkan, menyebabkan platform bersaing untuk joki untuk posisi. Migrasi dari satu mesin ke mesin lainnya sebagian besar tidak terdengar karena biaya tinggi untuk beralih information dan program aplikasi; belum lagi biaya pelatihan tinggi yang diperlukan untuk I.T. staf.

Penerimaan UNIX sebagai standar terbuka menandai titik balik dalam sejarah komputasi. Untuk pertama kalinya, program aplikasi dapat dikembangkan yang bersifat lintas platform – yaitu, mampu berjalan pada platform perangkat keras alternatif. Kebebasan baru ini memungkinkan pemrogram perangkat lunak untuk menulis satu aplikasi yang dapat dijalankan di beberapa mesin. Penting bagi pengembang perangkat keras sederhana – mereka bisa menghabiskan lebih banyak waktu pada penyempurnaan silikon yang mendasari, dan lebih sedikit waktu mengembangkan sistem perangkat keras berpemilik. Ini adalah proses penyempurnaan yang menandai penurunan biaya silikon yang kita kenal sekarang.

Munculnya komputer pribadi pada akhir sembilan belas-tujuh puluhan dan awal tahun sembilan belas delapan puluhan menandai batas lain dalam pengembangan perangkat keras. Di mana komputer mid-range memungkinkan seluruh departemen untuk membebaskan diri dari kendala komputasi mainframe, munculnya PC membawa komputasi ke ribuan pengguna bisnis yang menginginkan kemampuan untuk melakukan analisis dan pengumpulan information pada kenyamanan mereka, bukan dari I.T. departemen. Untuk pertama kalinya, individu dapat menganalisis, menyimpan, dan mengambil information dalam jumlah besar tanpa harus menguasai bahasa komputer, dan mereka dapat melakukan tugas-tugas ini dengan langkah mereka sendiri. Perangkat ini benar-benar mengubah dunia bisnis, membuat komputasi menjadi mungkin bagi pengguna sehari-hari yang pernah dilakukan oleh komputer mainframe besar. Semangat terobosan ini paling baik diwujudkan oleh komputer Apple, dan disimbolkan dalam kampanye “kakak besar” pada tahun 1984. Selain dari sikapnya yang tegang, Apple juga memelopori penggunaan floppy drive, mouse, dan antarmuka pengguna grafis yang membuat komputasi menjadi lebih kreatif. dapat diakses oleh pengguna sehari-hari. Ergonomi penggunaan komputer mendorong desain dan pembuatan perangkat keras dengan cara yang sebelumnya tidak diketahui. Sampai sekarang, ergonomi sebagian besar diabaikan dalam desain dan pembuatan komputer; Apple mengubah semua itu dengan memperkenalkan jajaran PC Macintosh.

Untuk semua inovasi dan keunggulannya, Apple membuat kesalahan yang serupa dengan yang dibuat oleh komputer mid-range yang bersaing di pertengahan tahun tujuh puluhan – OS (sistem operasi) dan arsitekturnya adalah hak milik. Takut bahwa perizinan akan mengikis kepemimpinan teknologinya, Apple terus menjaga sistem dan perangkat kerasnya dan membuka pintu bagi produk yang secara teknis lebih rendah untuk mendapatkan pijakan yang belum dilepaskan.

No comments yet

leave a comment

*

*

*